Membangun Ketahanan Informasi Daerah (1)

Kegiatan KIM BIJAK dalam seminar Membangun Ketahanan Informasi Daerah.

LCCK Tingkat BAKORWIL (2)

Peserta Lomba Cerdik Cermat Komutikatif Tingkat BAKORWIL bertujuan untuk meningkatkan peran KIM dalam proses pembangunan di wilayah kelurahan maupun pedesaan dengan penguasaan IT bagi anggotanya.

PERTURA (3)

Menggali budaya melalui ajang Pertunjukan Rakyat (PERTURA) Tingkat Jawa Timur.

OTONOMI AWARD 2016 (4)

Penghargaan Otonomi Award Kota Malang Tahun 2016 menuju Kota yang Ramah dan Bermartabat.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 74 (5)

Rangkaian Kegiatan Dalam Memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI ke 74

Jumat, 29 Juni 2012

RAPAT RUTIN KELURAHAN BANDUNGREJOSARI

Rapat rutin Kelurahan Bandungrejosari periode bulan Juni dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 29 Juni 2012 jam 19.00 WIB bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Bandungrejosari. Rapat rutin ini dihadiri oleh Ketua RW 01 sampai RW 13 beserta staff RW, Pengurus PKK, LPMK, BKM Guyub Rukun, KIM BIJAK dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya yang ada di Kelurahan Bandungrejosari.
Pada kesempatan ini disampaikan oleh Bpk Lurah Bandungrejosari Bpk. Zainul Amali, S.Sos, MSi ada beberapa kegiatan sosial melalui dana SKPD Tahun Anggaran 2012 yang telah dilaksanakan adalah kegiatan Pelatihan Batik, Pelatihan Peningkatan Kinerja Kelembagaan PKK, Pelatihan Dasar Komputer meskipun dana kegiatan melalui dana SKPD Tahun Anggaran 2012 belum dapat dicairkan. Pada kesempatan ini juga diucapkan terima kasih kepada seluruh panitia gebyar panutan pembayaran pajak tahun 2012 atas suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.
Untuk perencanaan kegiatan infrastuktur meliputi :
  1. Rehabilitasi gedung serba guna di RW 03, RW 06 dan RW 13
  2. Rehabilitasi jalan lingkungan/pavingisasi di RW 12, RW 04, dan RW 05
  3. Penyemiran jalan di RW 02 dan RW 10
  4. Rehabilitasi drainese di RW 07, RW 08 dan RW 11
  5. Pembangunan plengsengan di RW 09
Yang sudah dilakukan survey adalah rehabilitasi gedung serba guna dan rehabilitasi jalan lingkungan. Molornya kegiatan ini disebabkan beberapa kendala yaitu pada penyesuaian anggaran pembangunan dengan program sehingga dapat memuaskan semua pihak. Untuk kegiatan yang lainnya direncanakan dilakukan survey pada hari selasa tanggal 3 Juli 2012.
Share:

PELATIHAN DASAR KOMPUTER

Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Kelurahan Bandungrejosari dalam hal penguasaan teknologi informasi. Pada hari jum'at dan sabtu tanggal 29 dan 30 Juni 2012 mulai jam 08.00 - 12.00 WIB di Laboratorium Komputer Universitas Kanjuruhan Malang dilaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar Komputer bagi warga terutama staff Kelurahan Bandungrejosari, staff RW se Kelurahan Bandungrejosari, Pengurus PKK dan beberapa pengurus Lembaga Kemasyarakatan yang ada di Kelurahan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dana hibah SKPD kepada masyarkat tahun anggaran 2012. Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh pengurus kelompok informasi masyarakat (KIM BIJAK) Kelurahan Bandungrejosari.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah :
  1. Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat terutama pada penguasaan teknologi informasi, terutama penguasaan tentang Teknologi Internet.
  2. Memberikan pelajaran pada masyarakat tentang teknik penguasaan dasar komputer.
  3. Memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang media informasi yang berbasis internet, agar masyarakat tidak gagap teknologi dan gagap informasi.
  4. Menyiapkan masyarakat Kelurahan Bandungrejosari pada program Kelurahan Sadar Informasi.
Dengan semakin meningkatnya kemampuan masyarakat pada penguasaan teknologi informasi ini (INTERNET) maka masyarakat akan dapat memilah informasi-informasi mana yang bermanfaat bagi dirinya dan mana yang merugikan bagi masyarakat. Dengan semakin sadarnya masyarakat akan kebutuhan informasi akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat pada informasi-informasi yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.


Pada kegiatan Pelatihan Dasar Komputer ini dihadiri oleh Lurah Bandungrejosari Bpk. Zainul Amali, S.Sos, MSi, Dinas Kominfo Kota Malang yang diwakili oleh Bpk. M. Sidik, dan Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Kanjuruhan Bpk. Yoyok. Harapan dari Bpk. Lurah bahwa kegiatan ini akan memberikan peningkatan pada penguasaan komputer bagi staff Kelurahan dan staff RW sehingga pelayanan surat-menyurat kepada warga akan semakin baik dan efektif. Mudah-mudah dengan kegiatan ini akan semakin meningkatkan kerjasama antara Kelurahan Bandungrejosari dengan Universitas Kanjuruhan Malang untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Untuk itu pada kesempatan ini juga disampaikan terima kasih atas kesediaan dari Universitas Kanjuruhan Malang pada Kegiatan Pelatihan Dasar Komputer ini dengan memfasilitasi berbagai sarana pelatihan tersebut.
Pada hari pertama ini Bpk. M. Sidik memperkenalkan teknologi internet bagi peserta pelatihan. Bagaimana memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Dan mengambil informasi-informasi yang bermanfaat bagi kegiatan kemasyarakatan. Bagaimana mencari berita, memberikan kritik dan usulan kepada Pemerintah Kota Malang secara Online. Dengan teknologi internet ini akan dapat membuka dunia, karena dengan menguasai menguasai informasi maka kita dapat menguasai dunia.
Share:

Warga Bandungrejosari Dilatih e-Government Berbasis Web



Sukun, MC - Mendukung upaya Pemerintah Kota Malang membentuk e-government yang bagus,Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun Kota Malang terus memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM). Diantaranya dengan menggelar Pelatihan e-Government Berbasis Web di Universitas Kanjuruhan, Kota Malang, Jumat (29/6).

Peserta pelatihan didampingi salah satu instruktur
Sebagai narasumber dalam pelatihan ini, panitia mengundang pemateri dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Hadir sebagai pemateri kegiatan Kasie Sarana Prasarana Sistem TelematikaKominfo Kota Malang, Moh. Sidik, ST.
Sidik mengungkapkan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa semakin mempermudah pelayanan birokrasi di Kota Malang. Dimana nantinya semua pelayanan Pemerintahan di Kota Malang nanti akan berbasis web.
“Semuanya ada di portal, baik berbentuk internet maupun intranet . Untuk hari ini, materinya adalah dasar-dasar internet,” jelas Sidik, Jumat (29/6).
Dalam pelatihan hari ini diberikan materi bagaimana melakukan pengaduan melalui Pengaduan Online, Media Center, SMS Gateway, maupun mencari informasi-informasi layanan dari Kota Malang. Disini juga dijelaskan sistem keuangan, sistem kepegawaian, sistem aset daerah, pendapatan daerah, dan lain sebagainya.
“Sesuai dengan programnya, 2013 Kota Malang harus bisa menjadi kota yang interaktif,” tegas Sidik.
Panitia penyelenggara pelatihan, Harianto mengatakan kegiatan pelatihan hari ini diikuti sebanyak 30 staf kelurahan, PKK dan RW yang ada di Kelurahan Bandungrejosari. Khusus untuk RW, peserta yang ikut ada sebanyak 13 orang dari RW 1 sampai RW 13.
“Pelatihan dilangsungkan dua hari Jumat (29/6) dan Sabtu (30/6). Hari pertama diisi dasar-dasar internet, hari ke ua dasar-dasar pengetikan,” ujar Harianto. (cah/dmb)

Share:

Selasa, 19 Juni 2012

Warga Kelurahan Bandungrejosari Rama-ramai Bayar Pajak


Sukun, MC - Dibuka dengan senam lansia, Anugerah Pembayar Pajak PBB dan Bazar Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun Kota Malang benar-benar semarak. Banyaknya pembayar pajak yang datang dan pengunjung yang menonton membuat halaman Universitas Kanjuruhan penuh warga, Minggu (17/6).
Masyarakat antri membayar pajak
Tidak mau kalah dengan anak-anak muda, para pesenam lansia Bandungrejosari juga begitu bersemangat saat senam. Maka tak heran meski sudah tua-tua, nenek-nenek yang ada di Kelurahan Bandungrejosari juga masih terlihat sehat-sehat.

Panitia acara Jumain mengungkapkan Pekan Anugerah Pembayar Pajak PBB ini merupakan usaha agar masyarakat mau membayar pajak sebelum jatuh tempo. Pembayaran di Unikan yang bekerjasa dengan Bank Jatim ini bisa dilakukan secara online sehari saja.

“Tidak hanya diisi senam lansia, kegiatan kali ini juga diisi dengan marching band anak-anak dan bazar yang semuanya dilakukan oleh warga Kelurahan Bandungrejosari,” jelas Jumain, Minggu (17/6).

Menurut Jumain, untuk pembayaran pajak dengan melibatkan masyarakat secara massal seperti yang dilakukan timnya, ini baru yang pertama kali. Selama ini kalaupun membayar pajak bersama biasanya secara simbolis hanya melibatkan RT/RW ataupun para pejabat di kelurahan saja.

Melihat antusiasme yang bagus dari masyarakat dalam membayar pajak, Jumain mengaku kegiatan seperti akan diagendakan secara rutin. Dengan begitu pajak bisa terbayarkan semakin tepat waktu dan masyarakat bisa bergembira, ekonomi rakyat bisa berjalan seiring adanya bazar.

Warga Bandungrejosari Mistin mengakui dia datang ke Unikan untuk membayar pajak sekaligus senam. Dengan membayar pajak sebelum jatuh tempo, pikiran bisa lebih tenang karena sudah tidak punya tanggungan, sedangkan ikut senam bisa membuat badan bisa semakin sehat.

“Biasanya kami senamnya hanya di RW saja, rutin tiap minggu, karena itu kami sudah hapal bagaimana senam pagi di hari Minggu," ujar Mistin. (cah/dmb)
Share:

Senin, 18 Juni 2012

SISI LAIN KEGIATAN GEBYAR PANUTAN PEMBAYARAN PAJAK 2012

Senam bersama, senam anak-anak PAUD se Kelurahan Bandungrejosari, devilai LINMAS Kelurahan Bandungrejosari, dramband anak-anak TK. Ki Hajar Dewantara, dramband dari SMP Ma'arif, dangdut dan masih banyak atraksi masyarakat dalam memeriahkan kegiatan GEBYAR PANUTAN PEMBAYARAN PBB DAN BAZAAR PKK TAHUN 2012 Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang.










Share:

GEBYAR PEMBAYARAN PAJAK 2012

Minggu tanggal 17 Juni 2012 bertempat di lapangan tengah Universitas Kanjuruhan Malang Jl. Keben, masyarakat Bandungrejosari bersama-sama melakukan pembayaran pajak bumi bangunan (PBB). Acara gebyar pembayaran pajak ini di gagas oleh KIM Bijak bersama masyarakat Kelurahan Bandungrejosari sebagai perwujudan rasa cinta tanah air. Berdasarkan informasi yang didapat bahwa pembayaran PBB yang dilakukan serentak dalam satu hari adalah satu-satunya acara  yang ada di Kota Malang bahkan di Indonesia. Penghargaan terhadap wajib pajak ini murni dari hasil swadaya yang dikumpulkan oleh panitia dari para donatur dan para pengusaha setempat yanf peduli pada kesejahteraan masyarakat. Antara lain Kulkas dari Ibu Dra. Hj. Heri Pudji Utami, MAP, Televisi dari Modern Foto Copy, Televisi dari Bpk. Budi Linanto, DVD Player dari Mitra Market dan yang lainnya.
Gebyar pembayaran pajak ini didukung oleh Bank Jatim yang menyediakan 5 outlet pembayaran pajak secara online serta dari Kecamatan Sukun 2 outlet pembayaran pajak.
Pada kesempatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh-tokoh masyarakat Kota Malang yang melihat bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pembangunan di wilayahnya. Beberapa diantaranya adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Ibu Dra. Hj. Heri Pudji Utami, M.Ap, Kepala Dinas Pendapat Kota Malang Bpk. Mardioko, Wakil dari KPP Pratama Malang Selatan, Camat Sukun Bpk. Alie Mulyanto, Ibu Untari Ketua Koperasi Budi Wanits Kota Malang, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Ibu Dra. Tri Widyani P, MSi, Perwakilan dari Bank Jatim, Bpk. Parmin (Asisten I Ekbank) dan Bpk. Subkan (Kabag. Perlengkapan Kota Malang) selaku warga Kelurahan Bandungrejosari, seluruh Ketua RW sekelurahan Bandunrjosari.
Pada kesempatan ini Ibu Dra. Hj. Heri Pudji Utami, M.Ap memberikan penghargaan kepada salah satu warga yang beruntung berupa Kulkas. Hadiah-hadiah door prize persembahan dari para donatur diberikan sampai siang. Untuk itu Panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasinya dan sekaligus mengucapkan permohonan maaf bila dalam kegiatan ini ada hal-hal yang tidak berkenan dihati.

Dengan kegiatan pembayaran pajak secara serentak ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa dan kesadaran di masyarakat tentang arti pentingnya PAJAK bagi pembangunan secara keseluruhan. Dari hasil evaluasi panitia bahwa kegiatan gebyar pembayaran pajak ini dapat meningkatkan jumlah pembayar wajib pajak di kelurahan Bandungrejosari. Dari hasil pantauan lebih dari 2500 wajib pajak dan masyarakat berduyun-duyun menghadiri kegiatan Gebyar Panutan Pembayaran Pajak dan Bazaar PKK Tahun 2012. Tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh panitia pembayaran pajak mencapai 90 % dari target wajib pajak yang membayar pada tanggal 17 Juni 2012.
Kedepan kegiatan ini agar menjadi perhatian Pemerintah Kota dan Pemerintah Pusat dalam memberikan penghargaan bagi wajib pajak berpenghasilan menengah kebawah. Sehingga kegiatan penghargaan bagi wajib pajak ini tidak terkonsentrasi di tingkat kota dan langsung mengena bagi masyarakat di tingkat kelurahan. Menyenangkan hati masyarakat dengan ketulusan hati, kenapa tidak?
Share:

Jumat, 08 Juni 2012

GUYUB RUKUN ala Kelurahan Bandungrejosari

Lurah dan Piala Harapan I
Kebersihan  antar Kantor
dan Badan Kota Malang
+++ Menginjak akhir triwulan 2 Kelurahan Bandungrejosari membukukan prestasi baru, yakni sebagai juara harapan  1 Lomba Kebersihan antar Kantor Dinas dan Badan se Kota Malang. Satu wujud kerja sama staff Kelurahan, Lembaga Sosial Kemasyarakatan, Pasukan Kuning dan warga Kelurahan Bandungrejosari. Prestasi ini melengkapi prestasi satu bulan lalu, yakni JUARA I LCCK Kelompok Informasi Masyarakat Tingkat Bakorwil Malang
Diantara Para Juara 
Sebagai satu kelurahan besar di Kota Malang, Bandungrejosari senyatanya memang pantas meraih prestasi ini, setelah bersusah payah dalam kegiatan Lomba Kelurahan Berhasil tahun 2010 - yang meraih harapan I tingkat Kota Malang. Berbagai potensi di tingkat masyarakat dan Lembaga Sosial Kemasyarakatan yang ada terus dimatangkan dengan konsep GREEN and CLEAN CITY serta ditujukan secara harmonis dengan visi dan misi Kota Malang. Hal ini tidak lepas dari peran Kepala Administrasi yang juga Lurah Bandungrejosari, Bapak ZAINUL AMALI S.Sos M.Si, yang tidak lelah dan terus menggebu dalam memotivasi areal administrasimya. Hal ini tercermin dalam satu ide yang saat ini dihelat oleh komunitas sosial Kelurahan Bandungrejosari, yakni PEKAN PANUTAN PEMBAYARAN PBB dan BAZAAR PKK 2012.
Dalam satu kesempatan terbuka dengan komnitas sosial dan media lokal disampaikan, kapan lagi akan mendharma baktikan kegiatan lokal ke tingkat Kelurahan. Berbagai upaya motivasi yang beliau sampaikan di forum rapat, bincang santai di kantor Kelurahan maupun  di komunitas lokal lainnya mengarah pada satu pandangan ke depan yang lebih baik. Muaranya adalah bersih, sehat dan prestasi. 
Kebersihan, hijau dan sehat dalam pandangan beliau harus dimulai dari tingkat puncak yakni Kantor Kelurahan Bandungrejosari. Demikian pula dengan prestasi pun harus dimulai dari kawasan Kantor Kelurahan. Hal ini tidak harus patah semangat apalagi patah arang dalam merengkuh prestasi. Meskipun di beberapa sisi masih mempunyai kelemahan dan kekurangan, namun pada formasi yang dibangun di tingkat Kelurahan memberikan gambaran normatif dan dapat diprediksi mengarah pada prestasi. 

Mari kita bangun lingkungan yang bersih, Indah, Hijau dan wujudkan prestasi masyarakat Kelurahan Bandungrejosari.

Sumber berita : Media Center Kendedes ario

Share:

Jumat, 25 Mei 2012

Sosialisasi Panutan Pembayaran PBB


Pada tanggal 23 Mei 2012 telah disosialisasikan tentang Panutan Pembayaran PBB yang ada dikelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang. Pada kegiatan sosialisasi ini diharapkan warga dapat memahami apa dan bagaimana pelaksanaan Panutan Pembayaran PBB di Kelurahan Bandungrejosari. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menunjang program pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Bandungrejosari. Ini merupakan sumbangsih warga Bandungrejosari bagi penyadaran pembayaran PBB bagi warga. Dengan semakin sadarnya warga melakukan pembayaran PBB ini diharapkan pelaksanaan pembangunan dikelurahan Bandungrejosari pada khususnya dan kota Malang pada umumnya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
Dari sambutan Bpk. Ali Mulyanto Camat Sukun ini merupakan sesuatu yang luar biasa, karena warga berinisiatif melakukan kegiatan Panutan Pembayaran PBB. Kegiatan ini adalah satu-satunya yang ada di Kota Malang. Mudah-mudahan kegiatan Panutan Pembayaran PBB ini dapat diikuti oleh kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Malang. Beberapa waktu yang lalu KIM Bijak Kelurahan Bandungrejosari menjadi Juara I dalam lomba LCCK Tahun 2012 se-Bakorwil Malang yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2012 di SMK 11 Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. KIM Bijak ini telah berhasil melaksanakan program pengelolaan informasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat, sehingga KIM Bijak menjadi pusat informasi yang ada di Kelurahan Bandungrejosari. Dengan begitu setiap kegiatan yang ada di Kelurahan Bandungrejosari dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan cepat.


Kegiatan Gebyar Panutan Pembayaran PBB akan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 17 Juni 2012. Berbagai acara akan dilaksanakan pada Gebyar Panutan Pembayaran PBB tersebut, acara hiburan mengiringi kegiatan tersebut meliputi ; Senam bersama ibu-ibu PKK, Atraksi dan devilai LINMAS Kelurahan Bandungrejosari, Bazaar, Seni budaya, Pembagian Door Prize bagi warga yang telah melakukan pembayaran PBB dan Hiburan Dangdut.
Acara ini didukung secara langsung oleh tokoh masyarakat dan elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Bandungrejosari. Penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pembayaran pajak merupakan hal yang luar biasa yang dapat dilakukan oleh elemen masyarakat ini. Sehingga penyadaran ini timbul dari warga masyarakat sendiri tentang arti pentingnya pembayaran PBB bukan timbul dari keterpaksaan. Kalau hal ini dapat berjalan dengan baik, maka setiap pembangunan yang ada di Kota Malang dapat dilaksanakan dengan lancar karena pemasukan dari Pajak Kota Malang dapat mencapai target yang direncakan.
Kegiatan Gebyar Panutan Pembayaran PBB ini merupakan sumbangsih warga Bandungrejosari bagi penyadaran pembayaran PBB tepat waktu. Juga sebagai bukti CINTA TANAH AIR dengan bukti pelunasan PBB tepat waktu.
Untuk penukaran Kupon Undian bagi yang sudah lunas SPPT PBB dapat dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012. Tempat penukaran Kupon di Kelurahan Bandungrejosari, jam 08.00 - 15.00 WIB. Dan bisa dikoordinir melalui RW masing-masing.
Share:

Rabu, 16 Mei 2012

KIM Bijak Melenggang ke Provinsi


Sukun, MC - Tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) 2012,  sebagai tuan rumah, Kota Malang juga berhasil dalam prestasi. Melalui persaingan ketat, KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Bijak meraih juara pertama dalam LCCK yang dilangsungkan di lapangan SMKN 11, Kel. Bakalankrajan Kecamatan Sukun, Kota Malang.
KIM Bijak berfoto bersama Kadiskominfo Kota Malang (paling kiri) dan Kadiskominfo Prov. Jatim (paling kanan) saat pengumuman pemenang LCCK 2012
Di partai final tingkat Bakorwil III Malang, Tim KIM Bijak Kota Malang yang beranggotakan Ario Rachmono BS, Nurtiningsih dan Dani Maroe Beni berhasil menaklukkan tim unggulan. Juara II diraih KIM Sidomakmur dari Kabupaten Malang, Juara III KIM Bimasakti Kabupaten Pasuruan dan Juara Harapan diraih KIM Kirana dari Kabupaten Lumajang.
Dengan kesuksesan ini, KIM Bijak Kota Malang berhak mewakili Bakorwil Malang untuk tampil di kejuaraan LCCK antar Bakorwil se-Jatim yang akan dilangsungkan di Sumenep tahun 2013 yang akan datang. Jika di Sumenep nanti KIM Bijak bisa menjadi juara maka KIM andalan Kota Malang ini berhak mewakili Jatim di tingkat nasional.
Tim KIM Bijak saat mengikuti LCCK 2012
Ketua KIM Bijak Kelurahan Bandungrejosari, Ario Rachmono BS mengaku bersyukur atas prestasi KIM Bijak yang bisa menjadi juara saat tampil di Grand Final se-Bakorwil Malang. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras segenap anggota tim, dan doa masyarakat Kota Malang.
“Sebelum tampil di Grand Final lalu, kami sudah lebih dahulu melalui seleksi administrasi tanggal 19 April 2012 lalu di Bakorwil III Malang. Karena itu saat tampil di grand final kami berusaha benar-benar  siap dan fokus,” jelas Dani, salah satu anggota tim LCCK Kota Malang, Selasa (15/5),
Dalam seleksi administrasi se-Bakorwil Malang lalu, pesertanya adalah Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kota Pasuruan dan Kota Batu. Kota Malang lolos di peringkat pertama dengan nilai 202, Kab Pasuruan 198, Kab Malang 195, Kab Lumajang 192, Kota Pasuruan 191, dan Kota Batu 190. (cah/dmb)
Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/?p=13282
Share:

Minggu, 13 Mei 2012

Lapangan Bakalan Krajan Jadi Saksi LCCK 2012

Siang yang menyengat tidak menjadi halangan bagi para peserta LCCK Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Rabu, 9 Mei 2012 di Lapangan SMK 11 Malang Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun Kota Malang. Pada penyelenggaraan LCCK Tahun 2012 se-Bakorwil III Malang ini diikuti oleh 4 peserta yaitu dari KIM Kirana Kabupaten Lumajang, KIM Bima Sakti Kabupaten Pasuruan, KIM Sido Makmur Kabupaten Malang dan KIM Bijak Kota Malang.
Dalam kegiatan LCCK ini dibagi beberapa babak pertandingan :
1. Babak cerdik dan cermat berupa Update Blog bagi masing-masing KIM yang bertanding.
2. Babak cepat tepat dengan cara menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Juri.
3. Babak Komunikatif berupa program penyuluhan dengan cara memperagakan tata cara memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara yang baik dan benar..
Dengan kegiatan LCCK ini diharapkan Kelompok Informasi masyarakat dapat memaksimalkan penguasaan teknologi informasi utamanya Teknologi Internet. Dengan penguasaan informasi yang baik diharapkan informasi tersebut dapat meningkatkan sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Dengan kegiatan ini diharapkan lebih banyak lagi anggota KIM dan masyarakat dapat menguasai teknologi internet sebagai media untuk mengetahui perkembangan pembangunan dimasyarakat dan mengetahui program-program pemerintah bagi masyarakat.
Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik itu adalah karena kerja sama dari semua pihak dalam mensukseskan penyelenggaraan LCCK Tahun 2012. Dengan semangat yang membara keempat peserta berusaha tampil secara maksimal meskipun dibawah terik matahari. Penilaian lomba LCCK ini didasarkan atas dua unsur yaitu verifikasi administrasi sebesar 50 % dan unsur cerdas cermat sebesar 50 %. Dalam penyelenggaraan LCCK Tahun 2012 se-Bakorwil III Malang ini Juara I diraih oleh KIM Bijak Kota Malang dengan nilai 250 sekaligus berhak atas uang pembinaan sebesar 3,5 juta. Juara II diraih oleh KIM Sido Makmur dari Kabupaten Malang dengan nilai 240 sekaligus berhak atas uang pembinaan sebesar 3 juta. Juara III diraih oleh KIM Bima Sakti dari Kabupaten Pasuruan dengan nikai 235 sekaligus berhak atas uang pembinaan sebesar 2,5 juta. Juara IV diraih oleh KIM Kirana dari Kabupaten Lumajang dengan nilai 230 sekaligus berhak atas uang pembinaan sebesar 1 juta.
Pada kesempatan ini KIM Bijak juga mengucapkan selamat kepada KIM Sido Makmur, KIM Bima Sakti dan KIM Kirana. Semoga dengan kegiatan ini kedepan bisa terjalin kerjasama dalam bidang penguasaan teknologi informasi dan peningkatan sumber daya manusianya.
Juri lomba pada kegiatan LCCK ini berasal dari Praktisi Media dan Pakar Komunikasi Bpk. Suko Widodo, MA dari UNAIR Surabaya, Ir. Miswan Hadi dan Dra. Isrowi Farida, MSi dari Kominfo Jatim dan Zaenal Arifin, MK dari Stikosa Surabaya.
Dalam lomba kali ini bukanlah mengedepankan siapa yang menang dan siapa yang kalah, tetapi LCCK Tahun 2012 se-Bakorwil III Malang sebagai ajang berbagi informasi dan budaya antar daerah. Ajang silaturahmi bagi KIM se-Bakorwil III Malang. Dengan berkumpulnya teman-teman KIM ini diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran informasi dan dapat menjalin kerjasama antar Kelompok Informasi Masyarakat diberbagai bidang, utamanya dalam hal penguasaan teknologi informasi.
Seperti yang dikatakan oleh Bpk. Walikota Malang Bpk Peni Suparto dalam sambutannya "Siapa yang dapat menguasai Infomasi, Dialah yang akan menguasai dunia. Negara mana yang dapat menguasai Informasi, Negara tersebutlah yang akan dapat menguasai Dunia.
Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Jatim Bpk. Drs. Sudjono, MM memberikan ucapan selamat kepada Kota Malang yang telah ditetapkan sebagai Cyber City dan Smart City, ini berarti Kota Malang mampu mengolah sebuah informasi menjadi lebih baik dan layak untuk diberikan kepada masyarakat.

Sumber berita : Kominfo Jatim
Share:

Kamis, 10 Mei 2012

Kelompencapir Baru, Kembali Hadir di Kota Malang


Sukun, MC - Lama tidak terdengar lagi kabarnya lomba Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pirsawan_red) tiba-tiba muncul lagi di Kota Malang tepatnya di lapangan SMK N 11 Kel. Bakalan Krajan Kec. Sukun, secara kreatif Dinas Kominfo Kota Malang bersama Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur  mengemasnya dalam Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) 2012, Rabu (9/5).

Walikota Malang beserta ibu menyempatkan membuka LCCK 2012
Wali Kota Malang Drs Peni Suparto M Ap, bersama ibu membuka langsung LCCK yang diikuti para peserta perwakilan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dari berbagai daerah di Jatim. Bagusnya lomba membuat masyarakat tumplek blek mulai pagi hingga acara usai.
Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Dra Tri Widyani P, M.Si mengungkapkan LCCK ini merupakan apresiasi terhadap KIM yang peranannya sangat dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya di dunia digital, KIM harus juga bisa semakin membumi di masyarakat.
“LCCK merupakan aktualisasi dari kelompencapir, kegiatan grand final di Kota Malang ini diikuti oleh empat peserta dari Jatim,” jelas Yani, Rabu (9/5).
Keempat peserta yang masuk dalam LCCK 2012 tingkat Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah) III Malang di Kota Malang adalah KIM Sidomakmur dari Kabupaten Malang, KIM Bima Sakti dari Kabupaten Pasuruan, KIM Kirana dari Lumajang, dan KIM Bijak dari Kota Malang. Kegiatan LCCK merupakan kegiatan berolah pikir serta ketangkasan tentang pengelolaan informasi yang sangat dibutuhkan masyarakat.
Yani menambahkan, peran KIM sangat diharapkan, sebab KIM dibentuk untuk menjadi partner pemerintah dalam bersama-sama memajukan masyarakat. Kalau didunia internet ada istilah google sebagai pusat informasi dunia, ke depan KIM harus bisa menjadi pusat informasi masyarakat di dunia nyata.
Peni mengaku senang dengan adanya kegiatan LCCK, sebab kegiatan ini bisa kembali mengingatkan pendidikan yang pas untuk masyatakat kepada generasi muda. Generasi muda harus tahu teknologi informasi (TI), sebab era sekarang siapa yang menguasai TI akan bisa menguasi dunia.
“Saya lihat di Korea, seorang petani mengurus sertifikat tanah tidak perlu sulit-sulit. Cukup duduk di depan komputer, apa yang dia inginkan sudah bisa didapat. Saya berharap dengan kemajuan TI suatu saat hal seperti itu bisa terjadi di Kota Malang dan Indonesia,” ujar Peni.
Peni melanjutkan, di wilayah Gading Kasri Koa Malang saat ini juga sudah dirintis jika ada orang yang meninggal, ataupun ada kebakaran, maka HP warga Gading Kasri langsung bordering semua. Ini tak ubahnya seperti di Jepang dimana saat terjadi gempa seluruh HP warga Jepang bordering sebagai tanda akan terjadinya gempa sehingga tahu lebih cepat apa yang harus dilakukan. (cah/dmb)
Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/?p=12743
Share:

Rabu, 09 Mei 2012

Sampah Jadi Duit di BSM

Mungkin ini metode terbaru buat warga Kota Malang untuk menambah pemasukan uang belanja sehari-hari, menabung dengan sampah, meminjam uang bayar sampah, beli sembako bayarnya juga dengan sampah. Bergabung menjadi anggota BSM (Bank Sampah Malang) sampah disulap menjadi uang.

Mungkinkah sampah jadi duit? Pertanyaan tersebut akan muncul ketika mendengar nama BSM atau Bank Sampah Malang. BSM mungkin masih terasa asing di telinga sebagian masyarakat. Memang usia BSM masih sangat muda. BSM yang diresmikan operasinya pada 15 November 2011 oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya merupakan perintis bank sampah di Indonesia.

Kota Malang patut berbangga, karena dengan adanya bank sampah, kesadaran masyrakat untuk menjaga kebersihan linkungan semakin meningkat. Selain itu, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Karena sampah mereka, yang dulunya dibuang begitu saja, kini dapat ditukarkan dengan uang dan layanan lainnya yang disediakan oleh BSM.

Latar Belakang Berdirinya BSM
Berdirinya BSM berawal dari keprihatinan DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) dan kader lingkungan Kota Malang bersama-sama dengan TP PKK Kota Malang melihat kondisi lingkungan yang kotor dan perilaku masyarakat yang acuh terhadap lingkungan. Tidak adanya pengelolaan sampah yang terpadu menimbulkan masalah yang kompleks, seperti: lingkungan yang kotor dan bau, sumber penyakit dari sampah,dan sebagainya.

Dengan inisiatif dari Ketua TP PKK Kota Malang, Dra. Hj. Heri Puji Utami, M.AP dan Kepala DKP Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH maka dilakukanlah sosialisasi dan pelatihan terkait pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik (basah) dan anorganik (kering) dan pemanfaatannya, yaitu sampah basah untuk kompos dan yang terbaru untuk biogas dan sampah kering untuk kerajinan daur ulang dan dijual untuk didaur ulang oleh Pabrik (Plastik,Kertas,Botol,Besi,dls).

Masalah yang muncul berikutnya adalah sampah anorganik (kering) tidak ada yang menampung atau membelinya yang orientasinya tidak semata-mata mencari keuntungan atau bisnis, tetapi Bagaimana Masyarakat Memepunyai Nilai Tambah dari Aspek Lingkungan (bersih dan sejuk), Aspek Sosial (kegotong-royongan/kepedulian muncul) dan Aspek Ekonomi (penambahan pendapatan) dengan adanya transaksi sampah an-organik tersebut?
Setelah berguru ke sana kemari, akhirnya para insiator bersepakat mendirikan BSM (Bank Sampah Malang).

Motto, Visi, dan Misi BSM
Motto BSM :
“Pinjam Uang Nyicil Sampah“ dan “Beli Sembako Bayar sampah“
Prakteknya Nanti BSM akan melihat potensi sampah dari unit BSM selama 3 bulan untuk menentukan besaran berapa pinjaman yang akan dikeluarkan oleh BSM pada unit BSM yang sudah terbentuk ini, yaitu dengan perbandingan 80 % untuk membayar angsuran dan 20 % untuk ditabung.
Sedangkan untuk Sembako, nantinya para nasabah bisa menukarkan sampahnya pada sembako berdasarkan nilai sampah yang ada di tabungannya.
Visi: Menuju Lingkungan Kota Malang menjadi BSM yaitu Bersih, Sejuk dan Manfaat.
Misi:
  • Pengelolaan sampah sampai bersih dengan kegiatan :
  1. Pengomposan dan biogas pada sampah organik;
  2. Pembuatan kerajinan pada sampah an-organik;
  3. Penabungan sampah layak jual pada BSM
  • Mewujudkan kesejukan dengan penanaman pohon dan terhindari polusi bau dari sampah dan sehat lingkungannya
  • Memanfaatkan sampah untuk :
  1. Meningkatkan pendapatan masyarakat;
  2. Mengurangi pengangguran terutama masy. kecil;
  3. Merubah perilaku masyarakat akibat manfaat sampah
Keuntungan Menjadi Nasabah BSM
  • Sampah yang dipilah oleh Kelompok Binaan akan diambil oleh Petugas BSM sesuai jadwal atau kesepakatan.
  • Akan mendapat pelatihan dan pembinaan oleh BSM terkait dengan pengelolaan lingkungan terutama pada pengelolaan persampahan (pembuatan kompos, biogas, kerajinan daur ulang, pemilahan sampah layak jual, dll) dan pengelolaan penghijauan (pembibitan dan penanaman tanaman hias, bunga, Toga, produktif, dls).
  • Pengurus Kelompok Binaan akan mendapatkan  keuntungan finansial dari BSM, karena terdapat selisih harga sampah untuk anggota binaan/masyarakat  dengan  harga  BSM.
Kerja sama yang ditawarkan BSM kepada lembaga/instansi organisasi/perusahaan:
  1. Jual beli semua jenis sampah an-organik (plastik, kertas, logam, kaca) untuk harga menyesuaikan kesepakatan kedua belah pihak.
  2. Pelatihan dan pembinaan pengelolaan sampah dari hulu (sumber) terutama untuk unit BSM yang terbentuk dalam Kelompok Binaan BSM.
  3. Pemasaran produk dari sampah (kompos, kerajinan daur ulang, biji plastik, dls).
  4. Sosialisasi dan pelatihan terkait manajemen Bank Sampah pada daerah lain yang berminat mau mendirikan Bank Sampah.
  5. Bantuan CSR atau lainnya yang sejenis kepada BSM, nantinya kita buat bersama Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau MoU dimana hak dan   kewajiban para pihak tertuang dalam perjanjian tersebut.
  6. Menerima bantuan program atau dana dari Pemerintah maupun organisasi sosial lainnya untuk penyaluran ke lingkungan pada  pelaksanaan, pembinaan, pelatihan dan lain sebagainya.
Itulah sekilas Info mengenai BSM, Tunggu apa lagi, ayo segera gabung menjadi nasabah BSM!
Share:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support