Kamis, 15 Agustus 2019

Penyuluhan PHBS


Kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan secara rutin oleh PUSKESMAS Janti Kota Malang kepada masyarakat diharapkan akan semakin memberi kesadaran kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih. Pada hari ini kamis tanggal 15 agustus 2019 penyuluhan PHBS bertempat di Balai RW 13 Kelurahan Bandungrejosari yang dihadiri oleh Bpk Ketua RW 13 Bpk. Anang Sutrisno, serta kader-kader posyandu mawar, dan warga masyarakat RW 13. Untuk meningkatkan perilaku hidup seht dan bersih ini Bu. Indra selaku pemateri dari PUSKESMAS Janti menyampaikan tentang PHBS. Untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat harus melaksanakan 10 poin berikut:
1. Melahirkan harus ditolong tenaga kesehatan.
2. Pemberian ASI Ekslusif pada bayi selama 6 bulan, lalu pemberian ASI dan makanan pendamping sampai bayi berusia 2 tahun.
3. Lakukan penimbangan bayi setiap 3 bulan sekali
4. Penggunaan air bersih
5. Cuci tangan pakai sabun
6. Menggunakan toilet
7. Pemberantasan jentik nyamuk
8. Makan sayur- sayuran yang mengandung vitamin A
9. Olahraga 30 Menit per hari
10. Dilarang merokok dirumah.
Sedangkan bu. Citra selaku pemateri kedua lebih menekankan pada masalah stunting yang masih terjadi dimasyarakat kita. Apa itu stunting?
Stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. Atau mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.
Penyebab stunting (kerdil) yaitu:
Sanitasi buruk, akses air minum yang buruk, asupan gizi anak yang buruk, asupan gizi saat ibu hamil yang buruk dan faktor ekonomi/faktor kemiskinan.
Beberapa gejala dan tanda lain yang terjadi kalau anak mengalami gangguan pertumbuhan:
·       Berat badan anak tidak naik, bahkan cenderung menurun.
·       Perkembangan tubuh anak terhambat, seperti telat menarche (menstruasi pertama anak perempuan).
·       Anak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.
Untuk itu perlu adanya perbaikan perilaku hidup sehat di masyarakat terutama pada kebiasaaan buang air besar. Diharapkan setiap warga memiliki septic tank yang aman dan baik sesuai dengan standar kesehatan.  Ciri-ciri septic tank yang aman yaitu: Kedap air, memiliki lubang kosong, memiliki ventilasi, tersedia pipa masuk dan keluar, dan harus dikuras/disedot, diangkut dan dibuang dengan truk tinja secara reguler ke IPLT.
Volume septik tank untuk satu rumah dengan penghuni 5 orang yang menggunakan air bersih untuk menggelontorkan tinja secara normal adalah 800 liter. Untuk pengurasan septic tank idealnya dilakukan setiap 5 tahun sekali (relative tergantung jumlah penghuni dan volume tangki)
Bakteri e-coli (escheria coli) yang terbawa tinja manusia mencemari sumber air lewat resapan air tanah, jika penampungan air limbah tidak kedap/bocor.
Bebarapa penyakit yang ditimbulkan akibat BAB tidak di jamban:
Diare, kolera, disentri, thypus, kecacingan, penyakit infeksi saluran pencernaan, dan penyakit kulit.


Penulis: Wiroguno
Editor: Mas Hari
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support