Selasa, 29 Oktober 2019

Peran KIM dalam Penyebaran Informasi Pembangunan

Untuk meningkatkan kemampuan penggiat KIM dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat pada hari selasa tanggal 29 Oktober 2019 di Hotel Trio Indah 2 Malang Dinas Kominfo Kota Malang memberikan pembinaan kepada penggiat KIM Kota Malang dalam tajuk Workshop Jurnalistik dan Fotografi dengan pemateri dari Malang Post dan Pewarta Malang. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing KIM yang ada di masing-masing kelurahan. Workshop dibuka oleh Bpk. Muhammad Suton, S.Sos, MM dari Dinas Kominfo Kota Malang.
Dengan kegiatan ini diharapkan penggiat KIM mampu memberikan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan keadaan dilapangan. Sehingga dengan pembinaan ini akan meminimalkan berita hoax yang marak terjadi saat ini.
Informasi pembangunan yang ada dimasing-masing kelurahan sudah seharusnya dapat tersampaikan kepada masyarakat. Dengan pembinaan junalistik dan fotografi ini penggiat KIM dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis berita secara tertulis maupun melalui media fotografi. Dari hasil tulisan dan foto yang baik akan dapat memberikan informasi yang menarik bagi masyarakat, terutama dalam memberikan informasi tentang potensi yang ada dimasing-masing kelurahan.
Pemateri pertama dari malang post Muhaimin, S.sos menyampaikan bahwa menulis itu gampang. Dalam menyampaikan berita kalimat yang digunakan pendek-pendek saja dengan kalimat sederhana dan bahasa yang ringan. Bahasa tulisan sangat berbeda dengan bahasa kata. Untuk menulis suatu berita harus mengetahui tentang 5W + 1H yaitu:
- What (apa yang terjadi)
- Who (siapa yang terlibat)
- Where (dimana lokasinya)
- When (kapan terjadinya)
- Why (mengapa peristiwa itu terjadi)
- dan How (bagaimana peristiwa itu terjadi)
Dengan memahami 5W+1H akam memudahkan kita sebagai jurnalis warga untuk menulis berita. Untuk menulis suatu berita harus memenuhi struktur penulisan berita yaitu:
1. Judul berita
2. Teras berita
3. Isi berita
Yang perlu dipahami dalam menulis berita adalah berita yang kita tulis harus berdasarkan fakta yang ada. Tugas jurnalistik adalah
- Merencanakan
- Menggali
- Mencari
- Mengelola
- Melaporkan
Dengan berbekal pelatihan jurnalistik ini diharapkan penggiat KIM Kota Malang dapat memberikan informasi yang benar tentang proses pembangunan yang ada disuatu wilayah. Dan dengan semakin meningkatnya kemampuan dalam menyampaikan berita penggiat KIM dapat menangkat hoax yang beredar di masyarakat.

Penulis : Mas Hari
Fotografi : Mas Hari

Foto Story:




Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support