Sabtu, 06 Desember 2014

IPAL Klayatan . . . . Pemberdayaan Sanitasi ?

"Dengan selesainya pembangunan IPAL Komunal di Klayatan ini, maka tugas berikutnya setelah tim Pembangunan akan beralih kepada Kelompok Pengelola dan Pemanfaat IPAL", demikian salah satu kalimat pembuka yang disampaikan kepada KIM BIJAK oleh Fasilitator BEST yang bergerak di Komunitas Pemanfaat IPALKomunal Suyudi. Beliau ditugasnkan oleh IWASH, salah satu LSM yang berkopensi terhadap pengelolaan Instalasi Pengelolaan air bersih di Indonesia. 
Berkaitan dengan kesulitan pengelolaan dan agar pembangunan IPAL Komunal di Kelurahan Bandungrejosari dapat berkelanjutan, maka beliau diminta untuk menjadi pendamping kegiatan lanjutan IPAL, khususnya di kelompopk Pengelola dan Pemanfaat (KPP).
Beliau yang diterjunkan di Malang raya mulai Desember 2014, diharapkan dapat mengadakan serangkaian kegiatan di 3 lokasi IPAL yang ada di Kelurahan. Satu Lokasi di Klayatan, satu di Janti Utara dan Janti Selatan (RW 6).
Kegiatan di awal Desember ini diawali dengan identifikasi wilayah, yang saat itu didampingi oleh Ketua RW 12 Djarnoko Prihambodo dan Ketua KPP Puryanto. Harapan lanjut agar masyarakat mampu mengelola dan melanjutkan program green city Kota Malang. Khsusnay berkaitan dengan Program Sanitasi berbasis Komunitas.

Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support