Senin, 12 Januari 2015

Tenaga Kerja Terampil

Mobil Listrik karya SMK Muhammiyah 7 Malang
Setiap peningkatan jumlah  penduduk  suatu  daerah  juga  akan  dibarengi  dengan peningkatan jumlah  penduduk  usia  produktif,  dengan  demikian dapat dipastikan bahwa jumlah pencari kerja, angka pengangguran dan kebutuhan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan dan latihan kerja juga akan mengalami perubahan. Saat ini kemampuan tenaga kerja yang ada masih kurang memadai.
Untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja yang siap pakai harus dilakukan dengan peningkatan Soft Skills tenaga kerja itu sendiri. Soft Skills yang mengacu pada keterampilan kepemimpinan, kominikasi, kerja sama, cara mengambil keputusan, dan memecahkan masalah ternyata tak banyak dimiliki oleh para calon tenaga kerja kita. Gaya anak muda yang lebih banyak bermain didepan komputer dengan bermain game online telah membuat mereka lupa bagaimana berinteraksi dengan orang lain, dan bagaimana bersikap terhadap orang yang lebih tua. Anak muda seperti ini kurang mampu membina komunikasi dengan orang lain. Mereka juga kurang mampu mengutarakan maksud dan tujuan hidupnya dengan kata-kata yang tepat dan tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Bagaimana membina anak-anak muda ini menjadi tenaga terampil dan siap pakai?

Appresiasi Seni dan Budaya 

Menjadi tugas yang berat bagi setiap orang tua yang kurang dapat mengarahkan putra-putrinya untuk memiliki kemampuan diri dan membentuk tenaga terampil dan memiliki kemampuan seorang pemimpin.
Untuk menempa mereka menjadi seorang pemimpin yang baik adalah membiasakan mereka untuk bergabung dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan atau sekolah sejak usia muda. Hal ini dimaksudkan dapat menjadi media anak muda ini untuk menjadi seorang pemimpin, baik sebagai pemimpin organisasinya, juga sebagai seorang pemimpin bagi dirinya dan keluarganya. Dengan jiwa kepemimpinan yang baik akan mendorong seseorang untuk melakukan yang terbaik bagi organisasinya dan mengeluarkan ide-ide yang cemerlang bagi kemajuan organisasinya.
Aktivitas Komunitas Peduli Malang menggalang peduli lingkungan bersama rekan Remaja

Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support