Kamis, 11 April 2019

Berkembang sesuai Pasar

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Malang telah melampaui masa panjang perjuangan menuju masyarakat yang berdaya di bidang informasi. Didirikan awal 2016 lewat terbentuknya 6 KIM (BIJAK, ANDONG MERAH, PURWOAGUNG, LESTARI, CENDERAWASIH dan CEMARA HIJAU) yang merepresentasikan Kelurahan di Kota Malang, berkeinginan agar informasi Pemerintah  dapat mudah diserap oleh masyarakat umum, sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan terkini. Lewat pola membangun kelembagaan dan philosofi ADINDA, KIM membentuk diri sesuai kebutuhan pasar saat itu. Evaluasi keberhasilan KIM pun diuji dalam versi ketangkasan dan kecerdikan lewat pemahaman dan kesesuaian SDM dan "produk" KIM, lewat LCCK (Lomba Cerdik, Cerdas dan Komunikatif) setiap tahun genap. Saat itu masih pada produk lokal (lewat pameran saat LCCK berlangsung) dan kemampuan membangun "pasar".
Studi tiru Penggiat KIM Kota Malang di Kota Surabaya 
Beberapa KIM kemudian merancang image produk / Branding informasi dalam bentuk media, seperti yang dilakukan oleh KIM BIJAK dengan Radio Komunitas Duta Swara. Kemampuan inilah yang kemudian mengangkat Kota Malang menjadi rujukan beberapa daerah, setelah menjadi Juara I LCCK tahun 2013 di Sumenep. 
Hal inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah "mimpi menjadi penggiat informasi dunia" yang dilakukan oleh penggiat KIM Surabaya. Luaaaaarrrbiaaasah.
Lewat penggalangan mimpi bersama, dan difasilitasi oleh Pemkot Surabaya, jadilah komunitas penggiat yang sesuai dengan pasar (market based). Mulai fan page, optimalisasi medsos (IG, FB dan Webpage) menjadi sasaran utama kegiatan penggiat KIM Kota Surabaya. 2 (dua) hal yang menarik adalah Kabar Surabaya dan Pesona Surabaya. 
satu konsep berdagang dan berbagi informasi di era dunia 
Harapan ke depan, KIM yang ada di Kota Malang dapat berkembang lewat potensi wilayah, dengan platform wisata. Setidaknya perkembangan wilayah dan infrastruktur daerah menjadi "pasar" dari penggiat informasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. 
Salam berdaya Salam informasi.
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support