Rabu, 14 Desember 2016

Membangun System Informasi Daerah

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus KIM BIJAK diakhir tahun 2016 ini adalah dengan melakukan pembinaan kepada anggota KIM BIJAK dan masyarakat dalam membangun system ketahanan informasi daerah menuju kota SMART CITY. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2016 bertempat di gedung olahraga sasana wahana mulya Kelurahan Bandungrejosari mulai jam 08.00 - 11.30 WIB. dengan pemateri Bpk Bambang Nugroho dan Bpk Ainun dari TIMES Indonesia. Tema dalam kegiatan Pembinaan KIM ini adalah "Malang Membangun System Mewujudkan Ketahanan Informasi Daerah"
Dalam membangun ketahanan informasi daerah ini perlu dibangun satu system informasi yang sinergis antara pemerintah daerah dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam menangkal berita-berita yang bersifat negatif dan berpengaruh negatif pada pembangunan ekonomi rakyat. SMART CITY adalah salah satu system yang dibangun dengan tujuan agar suatu daerah dapat memecahkan permasalahannya dengan memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Seperti kita tahu bahwa masyarakat saat ini masih sering menikmati atau membaca berita-berita yang bersifat negatif. Disini kita diajarkan bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat yang bersifat positif, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berbuat yang lebih baik lagi bagi lingkungannya. Sehingga informasi yang sampai kepada masyarakat dapat bermanfaat.

Menurut Bpk Ainun saat ini Indonesia mengalami 2 permasalahan yaitu darurat ketahanan informasi dan darurat uang. Didunia maya informasi yang ada 80 % bersifat negatif. Menurut data yang diambil dari google bahwa orang Indonesia memperlakukan informasi sebagai berikut :

82 % digoogle mencatat konten yang bersifat negatif.
90 juta serangan siber terhadap situs pemerintah dan swasta.
63 juta pengguna internet di Indonesia
92 % pengakses media sosial di Indonesia lebih banyak meng-SHARE hal-hal negatif atau Hoax
Untuk saat ini dunia digital sudah menjadi konsumtif masyarakat dan menjadi gaya hidup masyarakat. Mulai dari pergaulan melalui medsos sampai berbelanja online. Serta mencari berita-berita yang ada di daerah maupun luar negeri. Dunia seakan menjadi kecil. Karena kita dapat mengetahui kejadian dibelahan bumi manapun.

MOHON APABILA ANDA MENDAPAT BERITA YANG BERSIFAT NEGATIF UNTUK TIDAK DI SHARE KE LAIN. HANYA BERITA YANG BERSIFAT POSITIF AJA YANG ANDA SHARE.
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support