Minggu, 29 April 2012

PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BANDUNGREJOSARI

Pelayanan kepada masyarakat utamanya di bidang pelayanan publik merupakan satu keharusan agar tercipta suasana pelayanan yang lebih efektif, efisien, cepat dan mudah bagi masyarakat. Salah satu yang penting dalam mendukung pelayanan publik ditingkat kelurahan adalah adanya pengelolaan arsip yang baik. Arsip mempunyai nilai guna strategis guna pengambilan keputusan. Dengan pengarsipan yang baik akan memudahkan pemerintah kelurahan mengambil keputusan-keputusan strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Fungsi pemerintahan adalah melayani dan melindungi masyarakat. Perangkat Kelurahan harus mempunyai kesadaran tentang arti pentingnya pengarsipan data. Namun untuk meningkatkan kemampuan staff Kelurahan dalam pengarsipan ini perlu dilakukan pelatihan manajemen pengelolaan arsip yang baik. serta memberikan motivasi yang baik dan meningkatkan kesadaran staff Kelurahan dalam pengelolaan arti penting pengarsipan.
Pada saat ini Kelurhan Bandungrejsosari sudah dapat menikmati pelayanan Teknologi Informasi melalui jaringan Koneksi antar komputer yang dibangun dan dirancang oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) BIJAK yang menghubungkan setiap komputer yang ada dikelurahan baik yang tersambung ke staff kelurahan maupun Lembaga Kemasyarakatan yang ada dikelurahan. Dengan jaringan koneksi ini akan memudahkan pengelolaan data berbasiskan teknologi informasi. Jaringan koneksi ini sekaligus tersambung dengan Internet, sehingga memudahkan pelayanan dan meningkatkan kemampuan staff di bidang pengelolaan informasi berbasis Internet tersebut.
Arsip merupakan data yang tersimpan baik data dalam bentuk hardware maupun dalam file yang tersimpan di dalam komputer. Arsip terbagi menjadi tiga yaitu :
1. Arsip disimpan untuk digunakan.
2. Arsip tercipta karena fungsi sesuatu kegiatan administrasi yang berjalan.
3. Asip adalah informasi yang terekam.
Dengan pengelolaan Arsip yang baik akan memudahkan kepala kelurahan untuk mengambil keputusan dalam menjalankan kebijakan-kebijakan pembangunan yang ada dikelurahan Bandungrejosari. Dengan begitu keputusan-keputusan yang diambil akan berdampak bagi pemberdayaan masyarakat yang mandiri. Dengan semakin lengkapnya sarana komputer yang ada dikelurahan diharapkan setiap data yang ada di kelurahan dapat terarsipkan dengan baik dan benar. Baik data penduduk, data organisasi yang ada di kelurahan, data potensi masyarakat dan potensi ekonomi masyarakat, data tenaga kerja masyarakat, data kesehatan, data pembangunan, serta data yang lainnya.
Pengarsipan data yang baik akan memudahkan siapapun untuk mengakses data untuk kepentingan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarkat. Namun demikian masih diperlukan pelatihan bagi staff kelurahan agar benar-benar paham dalam menjalankan pengelolaan arsip yang baik dan benar ini, sehingga tidak menjadi beban baru bagi pelaksanaan pelayanan masyarakat sehari-hari. Dengan semakin lengkapnya teknologi informasi yang ada dikelurahan Bandungrejosari diharapkan semakin baik pula pengarsipan data melalui teknologi informasi ini. Sehingga masyarakat dapat mengakses informasi apapun melalui teknologi ini. Karena data-data yang ada bisa dilihat secara langsung.
Dengan demikian pelayanan surat-menyurat di Kelurahan Bandungrejosari menjadi semakin baik, efisien, cepat dan mudah.
BERBAGI KEBAIKAN, JANGAN BERBAGI KEJELEKAN.
BERBAGI INFORMASI YANG BAIK, JANGAN BERBAGI INFORMASI YANG JELEK.
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support