Sabtu, 07 April 2012

Program Penyandang Cacat Propinsi Jawa Timur 2012

     Mengikuti perkembangan kegiatan Program Penyandang Cacat Propinsi Jawa Timur tahun 2011, tahun 2012 Kelompok Penyandang Cacat Kelurahan Bandungrejosari mendapatkan program penguatan sebanyak 1 (satu) paket. Yakni pemberian peralatan perbengkelan senilai 12 juta. Program ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Malang terhadap kelompok Penyandang Cacat (PENCA) di Kelurahan Bandungrejosari. 
     Seperti sudah disampaikan pada tahun 2011, kelompok PENCA MAJU MAPAN Kelurahan Bandungrejosari bersama dengan 18 kelompok PENCA di Jawa Timur, mendapatkan program pemberdayaan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Program yang diterima sebanyak 28 juta rupiah terdiri dari pembinaan kelompok PENCA dibidang Sektor Riil-yakni Usaha Bengkel Sepeda Motor, dan Usaha Simpan Pinjam.
Kelompok Penca MAJU MAPAN Kel Bandungrejosari Kec Sukun Kota Malang, yang dikomandani oleh Bp Gator Bambang Subroto ini terdiri dari 20 anggota. Dimana 10 orang telah memamnfaatkan dana perguliran dan 3 orang dibidang usaha bengkel sepeda motor. Pengelompokkan ini didasarkan pada kemampuan dan pengembangan usaha yang dimiliki sebelumnya. 
     Dengan adanya kegiatan di atas, manfaat bagi anggota dirasa sangat berarti. Khususnya dalam usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya. Beberapa usaha yang dikembangkan dengan modal perguliran ini antara lain menjahit, usaha pembuatan raket, bengkel sepeda motor , makanan siap saji (bakso) dan jual beli barang bekas (kertas, karton dll). 
Salah satu peserta kegiatan menyampaikan dalam rapat bulanan, bahwa usahanya cukup terbantu. Semisal bapak Pitoyo - tuna daksa  yang bergerak dibidang jual beli barang bekas- bahwa dengan adanya program perguliran ini, beliau bisa membeli barang bekas lebih banyak, yang kemudian dijual lagi kepada lapak dengan keuntungan yang luar biasa. Juga bapak Sutrisno - tuna daksa yang berjualan jamu- menyampaikan bahwa pembelian bahan baku kini sudah tidak terlambat lagi. 
     Mengingat pada hasil kegiatan yang bermanfaat, beberapa kader pembangunan juga berusaha untuk mempromosikan hasil kegiatan dan kelembagaan PENCA MAJU MAPAN ini kepada pihak lain. Harapannya agar kelompok PENCA ini, yang sebelumnya hanya beranggotakan 20 orang, lebih dikembangkan, dengan penganeka ragaman kegiatan dan usaha. Yang pada akhirnya dapat pula menyantuni penyandang cacat lainnya di Kelurahan Bandungrejosari yang karena satu hal tidak dapat difasilitasi kegiatannya. Utamanya yang sudah lansia dan tidak mampu. 
     Berkaitan dengan program penguatan di atas, Lurah Bandungrejosari Bp Zainul Amali S Sos MSi, berharap agar kegiatan yang sudah baik ini dapat dikembangkan dan diambil manfaat sebesar-besarnya. Terutama bagi Kelompok PENCA yang mengembangkan usaha Bengkel Sepeda motor, minimal hasil pekerjaannya sudah standar dan di usahakan bengkel yang ada di kembangkan. Salah satunya adalah dapat menyewa lokasi di dekat jalan, agar pelanggan / konsumen mudah mengakses. Terlebih agar penghasilannya juga dapat meningkat. 


Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support