Jumat, 20 November 2015

Tantangan KIM pada pelaksanaan Inpres 9 2015

Dalam kata sambutan mengantar pelaksanaan sarasehan kelompok informasi masyarakat (KIM) pada Forum Bakohumas di Surabaya 14-16 Nopember 2015, Kepala Dinas Kominfo Ir EDDY SAMTOSO MM, menyampaikan bahwa begitu besar peran Kelompok Informasi masyarakat dalam konteks tanggungjawab terhadap keberadaan informasi di masyarakat dan sebagai media penyebar luasan informasi.
Terpilihnya KIM dalam arena Pertemuan Bakohumas seluruh Indonesia ini bukan hal sederhan dan "ujug-ujug" . Setidaknya ada 3 (tiga) karakter yang spesifik bisa disampaikan sbb : 
1. KIM memiliki karakteristik media yang paling dekat dengan masyarakat, 
2. Jaringan Eksterl KIM yang menjangkau jauh ke lapisan masyarakat, 
3. KIM adalah lapisan masyarakat yang melek informasi dan teknologi.



Bpk Jaelani bersama sekjen Forum KIM Jatim Mas Rois Nanang diantara peserta
Sarasehan KIM pada Forum Bakohumas Expo 2015 
Melihat peluang lebih dan kurangnya keberadaan KIM, Ir Eddy Santoso, MM menyampaikan akan membantu mengembangkan kelembagaan KIM di Jawa Timur. Dengan bekerja sama dengan Forum KIM Propinsi Jawa Timur akan mengadakan pendatan lewat indikator keberhasilan untuk dapat memberikan data akurat tentang keberadaan KIM di 38 Kota Kab di Propinsi ini. Selain itu lewat pengkategorian kelembagaan akan dapat silakukan pembinaan secara bertingkat agar mampu menjadi corong masyarakat dalam mengakses informasi. Lebih mudah dan lebih murah.
Rizki Rachma - KIM Swaraguna Surabaya
Suprawoto, sekjen Kementerian Kominfo menyampaikan teknologi sudah tidak bisa kita hindari dijaman sekarang. Namun kenyataannya tidak semua informasi dari pusat sampai kepada masyarakat. Untuk itu pada paparan akhir di Sarasehan Rizki Rachmadianti, penggiat KIM Swaraguna Surabaya menyampaikan testimoninya, bahwa main product KIM adalah berita bukan produk. Karena KIM bukan UKM Inilah yang menjadikan KIM Swaraguna dan masyarakatnya dapat bertahan sampai sekarang.
Namun Zaenal Arifin MK akademisi dari STIKOSA AWS menegaskan, bahwa KIM dengan aktivitasnya dan karakteristik berpotensi menjadi satu acuan akses informasi masyarakat sudah selayaknya pembinaannya juga diberikan Biaya Operasional. "Mosok disuruh berkegiatan, disuruh kesana kemari tapi tidak ada support fasilitas dan dana apa ya bisa berkegiatan" demikian ungkapnya difarum sarasehan KIM.
Selayaknya lah para pembina KIM dapat memahami prosesnya agar kelembagaan ini dapat muncul dan berkembang secara baik dan menjadi kontributor dalam pembangunan Kota Malang.

Disarikan dari berbagai sumber oleh M Djaelani

Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support