Dalam rangka percepatan pemakaian dan akses internet di seluruh Indonesia, Pt Telkom Indonesia Tbk bekerjasama dengan IndiFinance Jakarta telah meluncurkan program Bina Lingkungan di daerah tertinggal dan Kantong TKI. Tujuan program ini adalah percepatan akses internet di seluruh Indonesia juga Donasi PT Telkom Indonesia Tbk kepada seluruh masyarakat.
Program yang dirancang bersama PT Telkom dengan PT Finnet Indonesia selaku perusahaan penyelenggara sistem pembayaran elektronik dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi pengiriman dan penerimaan uang serta bertransaksi keuangan atau pembayaran secara on line. Program ini diberi nama DELIMA (Delivery Money Acces) dan dijalanankan dengan sistem kerjasama dengan badan pengelola keuangan dan Badan kegiatan Sosial lainnya dalam pelaksanaan kegiatannya.
Delima yang menjadi produk layanan ini sudah menjangkau beberapa negara di luar negeri terutama kantong-kantong negara penempatan TKI, di antaranya Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, dan Oman, sedangkan cakupan wilayah Cash Point mulai dari Aceh hingga Jayapura.
Tarif pengiriman domestik Delima lebih murah bila dibandingkan dengan Wesel Pos maupun Western Union. Sebagai perbandingan saja, Delima hanya membebankan kepada pengirim sebesar Rp. 12.500,- untuk nominal hingga Rp. 500.000,- dibanding Western Union dengan tarif Rp. 15.000,- Sementara Wesel Pos pula lebih mahal yakni Rp. 27.500,- untuk nominal Rp. 200.000,- hingga Rp. 1 juta.
Layanan kedua IndiFinance yaitu Payment Point Online untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran berbagai macam tagihan maupun pembelian secara online. Beberapa jenis pembayaran yang sudah tersedia antara lain Travel Cipaganti, Booking & Issued Airlines Ticket, Prepaid PLN, Billing Payment TelkomGroup, PLN dan Pay TV dan Airtime pulsa semua operator.
Mesin gesek EDC |
Selain itu, Telkom juga menyediakan peluang bisnis kepada para mitra AD Telkom melalui FinChannel yaitu konsep layanan Payment Point terpadu sekaligus poin layanan Remittance Nasional dan internasional. FinChannel lebih mudah setup dan operasionalnya serta lebih aman karena didukung PT. Finnet Indonesia – TelkomGroup dan Bank Indonesia.
Ada juga produk IndiFinance yang dinamakan KadiaPay yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Pelanggan tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mengirim uang kemana saja, membayar tagihan (listrik dan Telepon), Top Up Pulsa, dan Voucher Game. Hal ini dikarenakan pelanggan cukup menelepon agen KadiaPay terdekat dengan lokasi pelanggan dan langsung dapat melakukan transaksi yang pelanggan inginkan.
Menurut Direktur Utama PT Finnet Indonesia, Walden R Bakara pada saat peluncuran produk layanan antar jemput bayar Kadiapay ini Februari lalu disampaikan bahwa transaksi ini aman dan sesuai dengan pengelolaan keuangn saat ini. Perbedaan dengan model transaksi sebelumnya, agen Kadiapay akan mendatangi member yang akan melakukan transaksi dimanapun lokasinya.
Adapun pola kemitraan antara agen Kadiapay dengan PT Finnet Indonesia dirasa sangat menguntungkan karena pembagiannya adalah 80% agen dan 20 % PT Finnet. Dan ini pun disambut baik oleh komunitas KIM Bijak dan Radio Duta Swara FM, sesuai dengan kebijakan bersama di bawah koordinasi dengan Dinas Kominfo Kota Malang. Harapan ke depan komunitas agen informasi yang berlokasi di Kemantren Gg II Kelurahan Bandungrejosari dapat memberikan kontribusi ekonomis dalam percepatan program sadar informasi yang efektif dan effisien. Serta dukungan serta partisipasi aktif dalam mendukung penciptaan Malang Kota Sehat.
Pembayaran Zakat Infaq dan Shodaqoh di PKNU pun bisa melalui IndiFinance |
0 komentar:
Posting Komentar