Perkembangan Media Informasi dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada era informasi saat ini memicu persoalan keberlanjutan. Persoalan fungsi KIM dan Media Informasi yang ada mengharuskan pelaku dan penggiat KIM harus berpikir jernih. Persoalan keberlanjutanlah yang mengharuskan kelembagaan harus "menjemput bola" lewat sinergi harmonisasi dengan seluruh informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Baik kepada sumber berita, pemilihan berita dan bahasa yang jujur aktual dan komunikatif. Sehingga masyarakat yang awam pun dengan memanfaatkan media teknologi dan informatika dapat memanfaatkan informasi tersebut bagi kesejahteraan diri dan lingkungannya.
Fungsi KIM.
1. Sebagai Wahana Informasi, baik antar anggota KIM, antar KIM dengan Pemerintah Kota Malang maupun Pemerintah Kota kepada masyarakatnya. Asas utama pemberdayaan -berorientasi kepada komunitas, ini diharapkan mampu menyerap semua kebijakan Pemerintah. Dan sebagai agen informasi masyarakat, telah mampu, mandiri dan tangguh dalam penyebarluasan informasi pembangunan. Dan keberpihakan kepada masyarakat dapat dikomunikasikan sejajar dengan peran serta (baca Partisipasi) nya dengan karakter Pemda. Utamanya dalam mengurangi kesenjangan informasi,
2. Mitra dialog Pemerintah, dimana peran serta KIM diperlukan dalam mengidentifikasi aspirasi masyarakat berdasar kebutuhan dan karakteristik setempat. Sehingga kebijakan yang dirumuskan kemudian dijalankan akan dapat memenuhi kriteria kebutuhan dan terukur. Dilain pihak, keberadaan KIM dapat memuluskan kebijakan Pemerintah melalui optimalisasi media informasi sesuai dengan perkembangan teknologi internet. Contoh Majalah dinding, Papan Pengumuman Warga, Radio dan Televisi Komunitas, Weblog atau pemanfaatan IPTEK lewat pembelajaran berkala dan berkelanjutan.
3. Sebagai Peningkatan Literasi Masyarakat dibidang Informasi, Media Massa dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Keberadaan KIM yang ada di Kota Malang telah memenuhi target membelajarkan masyarakat untuk dapat menggunakan kemampuan dirinya dan kelompok membaca menganalisa dan kemudian menggunakannya dalam peningkatan kesejahteraan. Stimulan Dana Hibah kepada Masyarakat Kelurahan di Kota Malang pun telah menaikkan pemahaman akan proses pembangunan dan peningkatan partisipasi massyarakat. Ukurannya adalah pengakuan sebagai Juara LCCK Propinsi Jatim 2013 dan pujian serta pengakuan peserta kunjungan ke KIM Kota Malang adalah nyata.
4. Sebagai Lembaga yang mempunyai nilai ekonomi,
Informasi yang didapat dari bersinerginya KIM dengan semua SKPD dan segala sumber informasi inilah yang kemudian akan menghasilkan nilai tambah secara ekonomi. Karena berbagai informasi yang di dapat, kemudian diolah dan disebarluaskan kepada masyarakat lewat media informasi KIM.
KIM dan Keberlanjutan Lembaga.
Kinerja Bidang SKDI Dinas Kominfo Kota Malang tahun 2014 menunjukkan hasil yang luar biasa. Kepemimpinan Abah Anton dengan sembooyan Cerdas Ceria dan Cemerlang mengisyaratkan kemajuan pemahaman yang signifikan .
Dimulai dengan membangun KIM dengan semangat KIM Berbasis Potensi Wilayah dan model pembinaan yang stimulatif, dengan mengikutsertakan media cetak dan
Fungsi KIM.
1. Sebagai Wahana Informasi, baik antar anggota KIM, antar KIM dengan Pemerintah Kota Malang maupun Pemerintah Kota kepada masyarakatnya. Asas utama pemberdayaan -berorientasi kepada komunitas, ini diharapkan mampu menyerap semua kebijakan Pemerintah. Dan sebagai agen informasi masyarakat, telah mampu, mandiri dan tangguh dalam penyebarluasan informasi pembangunan. Dan keberpihakan kepada masyarakat dapat dikomunikasikan sejajar dengan peran serta (baca Partisipasi) nya dengan karakter Pemda. Utamanya dalam mengurangi kesenjangan informasi,
2. Mitra dialog Pemerintah, dimana peran serta KIM diperlukan dalam mengidentifikasi aspirasi masyarakat berdasar kebutuhan dan karakteristik setempat. Sehingga kebijakan yang dirumuskan kemudian dijalankan akan dapat memenuhi kriteria kebutuhan dan terukur. Dilain pihak, keberadaan KIM dapat memuluskan kebijakan Pemerintah melalui optimalisasi media informasi sesuai dengan perkembangan teknologi internet. Contoh Majalah dinding, Papan Pengumuman Warga, Radio dan Televisi Komunitas, Weblog atau pemanfaatan IPTEK lewat pembelajaran berkala dan berkelanjutan.
3. Sebagai Peningkatan Literasi Masyarakat dibidang Informasi, Media Massa dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Keberadaan KIM yang ada di Kota Malang telah memenuhi target membelajarkan masyarakat untuk dapat menggunakan kemampuan dirinya dan kelompok membaca menganalisa dan kemudian menggunakannya dalam peningkatan kesejahteraan. Stimulan Dana Hibah kepada Masyarakat Kelurahan di Kota Malang pun telah menaikkan pemahaman akan proses pembangunan dan peningkatan partisipasi massyarakat. Ukurannya adalah pengakuan sebagai Juara LCCK Propinsi Jatim 2013 dan pujian serta pengakuan peserta kunjungan ke KIM Kota Malang adalah nyata.
4. Sebagai Lembaga yang mempunyai nilai ekonomi,
Informasi yang didapat dari bersinerginya KIM dengan semua SKPD dan segala sumber informasi inilah yang kemudian akan menghasilkan nilai tambah secara ekonomi. Karena berbagai informasi yang di dapat, kemudian diolah dan disebarluaskan kepada masyarakat lewat media informasi KIM.
KIM dan Keberlanjutan Lembaga.
Kinerja Bidang SKDI Dinas Kominfo Kota Malang tahun 2014 menunjukkan hasil yang luar biasa. Kepemimpinan Abah Anton dengan sembooyan Cerdas Ceria dan Cemerlang mengisyaratkan kemajuan pemahaman yang signifikan .
Dimulai dengan membangun KIM dengan semangat KIM Berbasis Potensi Wilayah dan model pembinaan yang stimulatif, dengan mengikutsertakan media cetak dan
0 komentar:
Posting Komentar