Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Malang telah melampaui masa panjang perjuangan menuju masyarakat yang berdaya di bidang informasi. Didirikan awal 2016 lewat terbentuknya 6 KIM (BIJAK, ANDONG MERAH, PURWOAGUNG, LESTARI, CENDERAWASIH dan CEMARA HIJAU) yang merepresentasikan Kelurahan di Kota Malang, berkeinginan agar informasi Pemerintah dapat mudah diserap oleh masyarakat umum, sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan terkini. Lewat pola membangun kelembagaan dan philosofi ADINDA, KIM membentuk diri sesuai kebutuhan pasar saat itu. Evaluasi keberhasilan KIM pun diuji dalam versi ketangkasan dan kecerdikan lewat pemahaman dan kesesuaian SDM dan "produk" KIM, lewat LCCK (Lomba Cerdik, Cerdas dan Komunikatif) setiap tahun genap. Saat itu masih pada produk lokal (lewat pameran saat LCCK berlangsung) dan kemampuan membangun "pasar".
Studi tiru Penggiat KIM Kota Malang di Kota Surabaya |
Beberapa KIM kemudian merancang image produk / Branding informasi dalam bentuk media, seperti yang dilakukan oleh KIM BIJAK dengan Radio Komunitas Duta Swara. Kemampuan inilah yang kemudian mengangkat Kota Malang menjadi rujukan beberapa daerah, setelah menjadi Juara I LCCK tahun 2013 di Sumenep.
Hal inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah "mimpi menjadi penggiat informasi dunia" yang dilakukan oleh penggiat KIM Surabaya. Luaaaaarrrbiaaasah.
Lewat penggalangan mimpi bersama, dan difasilitasi oleh Pemkot Surabaya, jadilah komunitas penggiat yang sesuai dengan pasar (market based). Mulai fan page, optimalisasi medsos (IG, FB dan Webpage) menjadi sasaran utama kegiatan penggiat KIM Kota Surabaya. 2 (dua) hal yang menarik adalah Kabar Surabaya dan Pesona Surabaya.
satu konsep berdagang dan berbagi informasi di era dunia |
Harapan ke depan, KIM yang ada di Kota Malang dapat berkembang lewat potensi wilayah, dengan platform wisata. Setidaknya perkembangan wilayah dan infrastruktur daerah menjadi "pasar" dari penggiat informasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.
Salam berdaya Salam informasi.
0 komentar:
Posting Komentar