Jumat, 27 September 2019

Menuju Kampung Bersinar

Memiliki kampung bersih dan indah adalah idaman setiap bagi setiap warga. Dengan adanya lomba kampung bersinar tahun 2019 menjadikan momentum yang tepat untuk mengerakkan semua elemen masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan kebersihan kampung. Kampung yang bersih dan indah adalah idaman bagi setiap orang, kampung idaman adalah dambaan setiap warga seperti yang ada di RT 07 RW 13 Kelurahan Bandungrejosari, kampung idaman merupakan mimpi bagi warga masyarakat dalam mengali nilai-nilai budaya lokal yang adi luhung, tepo sliro, gotong royong, rukun, bersih lingkungannya, dan kelihatan indah dipandang mata.
Lomba kebersihan adalah sarana untuk memberi semangat bagi setiap warga masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam setiap proses kegiatan menuju kampung yang bersih, sehat, indah, rapi dan nyaman seperti yang disampaikan oleh Bpk. Sudiro ketua Tim Juri Kampung Bersinar Kota Malang di hadapan ibu-ibu PKK dan kader lingkungan RW 13 Kelurahan Bandungrejosari pada kegiatan evaluasi setelah Tim Juri melakukan kunjungan ke RW 13 Kelurahan Bandungrejosari pada hari kamis tanggal 26 September 2019 berlokasi di Balai RW 13.
Meski tidak mudah dalam menata kampung yang bersih dan indah, yang ditumbuhi berbagai macam tanaman yang tersebar dimasing-masing RT baik melalui media polibat maupun tanah pekarangan. Ada tanaman sayur organik melalui media polibat dan tanah pekarangan, tanaman toga, tanaman buah jeruk dan lain sebagainya.
Dari hasil pengamatan bahwa dilihat dari sisi luar perkembangan wilayah menuju kampung bersinar cukup luar biasa, namun masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatian dalam menata kampung yang bersih dan indah ini yaitu:
1. Lebih meningkat lagi kebersihan lingkungan terutama ditunjang dengan kebersihan selokan, untuk itu sangat perlu untuk difasilitasi tong-tong sampah yang mudah dilewati oleh semua orang.
2. keberadaan biopori sangat bagus dalam menjaga kelestarian air bawah tanah. Biopori/sumur resapan adalah bagian dari upaya sederhana dalam melestasikan sumber air, bila dilakukan secara besar-besaran akan bisa membangun resapan air yang besar.
3. Tema-teme penghijauan sudah banyak dipasang diberbagai tempat, seperti tema lingkungan, tema buah dan lain sebagainya.
Meski terasa berat dalam mewujudkan Kampung yang Bersih, Sehat, Indah, Rapi dan Nyaman, namun bila dilakukan dengan kesadaran yang tinggi dan didukung oleh semua warga masyarakat maka akan terasa ringan dalam mewujudkan cita-cita memiliki kampung yang bersih, sehat, indah, rapi dan nyaman.

Penulis: Mas Hari
Photografi: Mas hari
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support