Selasa, 12 September 2023

Menuju Pengelolaan TPS3R Basama Yang Lebih Baik

Dalam pengelolaan TPS3R Basama diperlukan terobosan-terobosan baru yang lebih berani untuk pengelolaan organisasi yang lebih profesional. TPS3R berdiri dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah sampah rumah tangga yang banyak sehingga diharapkan dengan pengelolaan sampah yang ada di TPS3R akan terjadi pengurangan sampah yang dikirim ke TPA Supit Urang. Pada tanggal 11 September 2023 pengurus TPS3R yang diwakili oleh Rusman Efendi Ketua TPS3R, Kuswandi (Bendahara), Wahyudi (Sekretaris) dan Hariyanto (Anggota) bertemu dengan perwakilan dari PT. Pinastika Bandu Semesta bertemu di Balai Pertemuan Kelurahan Bandungrejosari Malang untuk melakukan penjajakan kerja sama dalam menangani permasalahan sampah yang ada di Kelurahan Bandungrejosari.

Penjajakan kerja sama ini dihadiri oleh Kurniawan, Nanang, inge perwakilan dari PT. Pinastika Bandu Semesta. Dari TPS3R diwakili oleh pengurus TPS3R Rusman Efendi, Kuswandi, Wahyudi dan Hariyanto. sedangkan dari Kelurahan adalah Dani Maroe Beni Lurah Bandungrejosari, dan Sekretaris Lurah, serta dari DLH Kota Malang dihadiri oleh Bpk. Budi. Dengan kerja sama ini diharapkan permasalahan sampah yang besar dapat dikelola dengan lebih baik lagi.
Dengan penduduk kelurahan Bandungrejosari yang mencapai 31 ribu jiwa, begitu besar pula sampah yang dihasilkan oleh masyarakat bisa mencapai 21 ribu ton setiap harinya. Sementara TPS3R masih mengelola sampah di 2 RW. Diperlukan alih teknologi dan konsep pengelolaan dalam penanganan sampah rumah tangga. Untuk diperlukan kesamaan visi dan tujuan antara masyarakat penghasil sampah rumah tangga dengan pemerintah kelurahan, DLH dan pengurus TPS3R. Diperlukan perhitungan yang tepat dalam menentukan iuran sampah dari warga Bandungrejosari.
Dengan tujuan yang baik dan kesadaran masyarakat yang baik maka TPS3R akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik pula.


Penulis : Hariyanto
Editor : Hariyanto
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support