Rabu, 20 Agustus 2014

Inovasi tiada henti

Ir Bambang Nugroho MT
Kabid SKDI 
Setelah meluncurkan program kerjasama dengan media elektronik Malang TV dalam SELAYANG PANDANG BERSAMA KIM , menghidupkan kembali SENI PERTUNJUKAN RAKYAT (PERTURA) SAMBIWARA, menciptakan lagu Tribina Cita Kota Malang, maka Bidang SKDI Kominfo Kota Malang membuat gebrakan baru yakni Dinding Kota Kelompok Informasi Masyarakat. 
Menjadi Kepala Bidang SKDI (Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi) pada Dinas Kominfo Kota Malang, Ir Bambang Nugroho MT sudah membuat banyak inovasi. Menggebrak awal tahun dengan Revitalisasi Forum KIM (yang sudah diinisiasikan dan dikukuhkan kelembagaannya oleh Menkominfo RI tahun 2013), beliau langsung menggebrak dengan mengubah paradigma KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) melalui pendekatan Potensi Kelurahan. Dan tidak tanggung tanggung dimulai dari Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru dengan terbentuknya KIM Tlogomas
Tampilan Layar Kaca Program KIM bersama Malang TV
Kelurahan Tlogomas, yang juga tempat kediaman Walikota Malang HM Anton ini, langsung dipola dan disinergikan dengan semua elemen dan potensi Kelurahannya. Mulai kelompok masyarakat potensial (Karang Taruna PKK dan Lembaga Kemasyarakatan/LK yang di dalamnya ada RW BKM serta LPMK) dipadu dengan sisi Pemerintahan (Lurah dan staffnya) dan stake holder Kelurahan ( Universitas Kanjuruhan , Radio Andalus serta Ponpes Bahrul Maghfiroh) dipandu untuk menyatukan informasinya dan ditampilkan lewat kelembagaan KIM Tlogomas. Hal ini tentu membuat kegemparan tersendiri, mengingat mengelola informasi dalam kelembagaan masyarakt awam adalah tidak mudah. 
Namun keberhasilan beliau yang dibantu staff SKDI (Joko Poernomo, Yono SH dan Dra Lies Krisnani) langsung membuahkan hasil dengan terpilihnya Kelurahan Tlogomas menjadi Kelurahan Teladan Tingkat Nasional 2014 bersama 5 Kelurahan lain di Indonesia. 
Pengurus Forum KIM Kota Malang 2014-2017
Gebrakan ini kemudian diteruskan dengan Seminar tentang KIM dan sarasehan Forum KIM Kota Malang membuahkan ide untuk membentuk dinding kota informasi KIM Kota Malang, yaitu dengan mengintegrasikan warta dan kegiatan yang booming serta bermanfaat bagi masyarakat Kota Malang. Demikian diungkapkan oleh Febri, salah seorang staf SKDI di Rabu siang (20/8). Ia menuturkan juga bahwa meskipun belum dirilis ke publik, namun inisiatif beliau dan operasionalnya ditangani bersama staf merupakan buah pikir yang inovatif dan mengangkat pola kreatifitas media. Dan boleh diacungi jempol, jujur saja, mengingat pola serupa pernah dilontarkan dalam Sarasehan Forum KIM Kota Malang. Namun sampai saat ini masih belum terwujud. 
Belum bisa diminta informasi lanjutannya, mengingat beliau sedang berkegiatan di salah satu tempat pertemuan di tengah Kota. Dan harapan yang tersimpan dalam ide ini pastilah untuk mendampingi terwujudnya Masyarakat Sadar Informasi dalam rangka terwujudnya Malang Bermartabat, yaitu visi Walikota terpilih H Moch Anton dan seluruh jajaran SKPD di Kota Malang. 
Tampilan blog kimkotamalang
Guna melengkapi keberhasilan beliau, besok Kamis (22/8) akan dilaksanakan Sarasehan dengan Media cetak dan elektronik, dengan mengangkat thema Kemitraan. Kita dukung bersama, dan harapan ke depan KIM yang terbangun di 10 Kelurahan ini dapat mewujudkan keberhasilan beliau lewat aktivitas keseharian di 10 Kelurahan. Dan gagasan, ide dan proses inovasi kreatif ini semoga bisa didukung oleh 47 Kelurahan yang ada di Kota Malang. 
Ibu Niken dari KEMEN KOMINFO saat monev di Radio Duta Swara, media informasi KIM BIJAK 2014



Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support