Sabtu, 29 November 2014

Membumikan KIM Berbasis Potensi

Tidak sampai 2 (dua) minggu pasca kunjung banding ke Jakarta dan Bandung, kegiatan Forum KIM Kota Malang langsung direspon oleh Kementrian Kominfo. khususnya Dirjen Kemitraan dan Komunikasi. Seperti yang disampaikan oleh satu sumber di Dinas Kominfo Kota Malang. Yakni dengan meminta foto kegiatan dan menjadikan Buku Profil KIM Kota Malang sebagai referensi pengembangan KIM pada Direktorat Kemitraan dan Komunikasi Kementrian Kominfo. 
Dra.Tri Widyani M.Si
Kabar ini cukup menggembirakan, baik bagi KIM Kota Malang. Khususnya Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Dra Tri Widyani M.Si maupun Ka Bidang SKDI Ir Bambang Nugroho, MT yang telah memberikan semangat pada upaya kinerja Kelompok Informasi Masyarakat Kota Malang dalam rangka memberikan kontribusi pengembangan KIM Di Indonesia.
Kepala Dinas yang lugas dan selalu tampil relaks ini memang cukup kenyang dengan pengalaman dalam membina kegiatan di Dinas Kominfo dalam mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Cerdas (SMART CITY) melalui kegiatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), juga sempat menyampaikan rencana kegiatan untuk Forum KIM Kota Malang dan KIM khususnya dalam upaya menjadikan mitra kegiatan diseminasi informasi untuk tahun kegiatan 2015 di Hotel Karang Setra Bandung saat evaluasi kunjungan ke Jakarta dan Bandung minggu lalu. Yang salah satunya berharap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di 10 Kelurahan dapat mendorong terbentuknya KIM di 47 Kelurahan yang ada di Kota Malang. Untuk satu tujuan yakni meningkatkan kualitas masyarakat Kota Malang dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tak lain untuk meningkatkan kualitas diri dan lingkungannya.
Masih teringat saat berdialog dengan bapak Dirjen Kemitraan dan Komunikasi di Jakarta Kamis 13/11/2014 lalu (lihat berita Merancang program KIM), bahwa bicara KIM memang Kota Malang telah mampu mengembangkan kegiatan, yang masih belum banyak dilaksanakan di banyak Kota Kabupaten di Indonesia. Hal ini mendorong beliau untuk dapat membuat kegiatan standard Kelompok Informasi Masyarakat, yang bahan ajarnya dan materi dasarnya berawal dari kegiatan KIM Kota Malang. Khususnya kinerja organisasi. 
Walaupun pada implementasi operasional, pengembangan KIM di Kota Malang cukup maju dengan banyaknya Kota Kabupaten belajar di Kota Malang. Namun permodelan yang dikembangkan oleh Kabid SKDI Dinas Kominfo Kota Malang, Ir Bambang Nugroho MY, cukup berhasil. Terbukti ibu Sukatmi dari staf Direkorat Komunikasi dan Kemitraan meminta foto kegiatan KIM Tlogomas Kec Lowokwaru Kota Malang yang akan dipergunakan sebagai refferensi kegiatan.
Harapan ini kemudian akan diteruskan dengan kunjungan banding di Propinsi Jawa Timur, yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo pada pertengahan Desember ini. Selain guna memberikan pembelajaran tentang administrasi webblog juga tentang pengkaderan komunitas informasi masyarakat di Jawa Timur. Materi ini diharapkan akan membawa dampak yang bagus bagi Propinsi Jawa Timur dalam rangka pembinaan kemitraan dengan kelompok Informasi Masyarakat di Kota Kabupaten. Namun Juga berbagai pengalaman dengan Forum KIM Propinsi Jawa Timur. 
Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support