Jumat, 14 November 2014

Merancang Program kerja KIM ... seri kunjung banding

Bersama Ditjen Kemitraan dan Komunikasi Kementrian KOMINFO di Jakarta
Kelompok Informasi Masyarakat dibentuk oleh dan untuk masyarakat. Dan kemanfaatan yang diperolehpun sebesar-besarnya untuk masyarakat, sehingga standardisasi KIM juga harus dikembalikan kepada kelompok masyarakat itu sendiri, agar proses bottom up bisa berjalan secara alami mengikuti kebutuhan masyarakat terkait informasi dan jaring komunikasi. Demikian salah satu ang disampaikan dalam pengantar kunjungan di Kementrian Kominfo, khususnya di Direktorat IKP (Informasi dan Komunikasi Publik).
Diawali dengan santai, pembicaraan awal diantar oleh ibu Ibu Sukatmi, yang mendampingi Bapak Dedet Surya Nandika, Direktorat Jendral Kemitraan dan Komunikasi Kementrian KOMINFO. Beliau memberikan penjelasan sekitar Permen Kominfo no 17 Tahun 2010, dengan kata kunci kemitraan. Baik dengan Pemerintah Daerah, Dunia Usaha, Media, berbagai Profesi serta dengan organisasi masyarakat, khususnya dalam komunikasi sosial. Salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat.
Peningkatan kapasitas dan peran KIM dalam kinerja Kominfo adalah dalam rangka diseminasi kebijakan publik. Salah satunya adalah kenaikan BBM dan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sejahtera. Meskipun tidak populer, dengan menaikkan harga BBM, namun melihat pada besarnya nilai subsidi BBM yag akan dipergunakan pada sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah peran KIM sangat membantu, baik mengumpulkan informasi serta mendesiminasikan kepada publik dengan konsultasi dengan Dinas Kominfo Kota/Kab setempat.
Beberapa kegiatan yang menunjang Permen Kominfo no 8 tahun 2010 pun dilaksanakan dalam bentuk Bimtek di beberapa Kota (OKU, Lampung dll), pengembangan model, Jaringan Komunikasi, penyediaan Sarpras, Work Shop, Sarasehan, pembentukan Forum di Kota Kab, Penyediaan Bahan Bahan Informasi, ompetisi dan rewards. Rewards ini salah satunya adalah pemberian tiket ke Malaysia kepada KIM Kota Bitung Akarmina, Tujuah Koto dan KIM Bijak Kota Malang, yang mana keberadaan KIM nya aktif dan telah melalui sejumlah verifikasi dari Kementrian dan Dinas Kominfo setempat.
Dan apa yang telah dilakukan di Kota Malang -seperti yang telah dijelaskan oleh Kabid SKDI Kominfo Kota Malng, Ir Bambang Nugroho- sudah dilakukan. Hal ini dipuji langsung oleh belaiu dan disemangati oleh ibu Sukatmi , dengan pernyataan bahwa KIM di Kota Malang sudah kategori advance.
Namun hal ini tentu saja tidak membuat KIM Kota Malang, seperti yang disampaikan oleh Ibu Titin dari KIM Lestari Kelurahan Tunjungsekar dan Sdr Ario Rachmono dari KIM BIJAK Kelurahan Bandungrejosari, memang masih perlu dikembangkan model dan sarana prasanana (salah satunya adalah buku sukses stori yang akan diterbitkan oleh Kementrian Kominfo). Mengingat bahwa apa yang telah dilakukan oleh KIM Kota Malang, belum dilakukan diseluruh Indonesia.
Selanjutnya disampaikan dalam kesempatan yang baik Kamis sore  (13/11), rencana kegiatan di tahun 2015 adalah :
1. BIMTEK KIM
2. Rakor dan Sinergi
3. Saresehan di Pekan Informasi Nasional di Samarinda
4. Rewards kepada KIM yang berprestasi
5. Monitoring dan Evaluasi secara Nasinal.
Harapan beliau, yang baru menggeluti Kelompok Informasi masyarakat sejak 6 bulan yang lalu, dan dengan beberapa kegiatan Bimtek di Kota Kabupaten di seluruh Indonesia, terdata sejumlah Kelompok Informasi Masyarakat yang valid dan berstandard (mengambil pada istilah KIM Kota Malang). Sehingga Sinergi dan harmonisasi diseminasi informasi dapat berjalan disesuaikan dengan karakteristik keberadaan KIM. Selain itu beberapa penyediaan sarana prasarana pada KIM ini masih terkendala dengan masalah legal formal . Untuk itu semua bentuk appresiasi dari kunjungan KIM Kota Malang ini akan mempermudah Kementrian Kominfo untuk membangun bekerjasama, bersinergi serta harmonis dalam desiminasi kebijakan publik. Pesan beliau INGAT KIM INGAT KOMINFO.



Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support