Kamis, 05 Oktober 2017

Menggagas Pengelolaan Sampah di TPS 3R yang Ideal (2)

Oleh : Hariyanto (Kader Lingkungan Kelurahan Bandungrejosari)

SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH RUMAH TANGGA yang sudah berjalan dimasing-masing RW selama ini sudah berjalan sangat lama. Sehingga ketika ada gagasan untuk merubah sistem yang telah berjalan tidaklah mudah. Akan selalu ada pro dan kontra ketika terjadi pemilihan sistem dari dua sistem yang ada yaitu antara menggunakan sistem yang lama dan menggunakan sistem yang baru. Jadi perubahan sistem pengangkutan sampah dari sistem lama ke sistem baru yang digagas TPS 3R tidak harus dipaksakan, namun masyarakat diberi edukasi untuk menentukan pilihannya antara mengikuti sistem yang lama atau sistem yang baru yang dijalankan oleh TPS 3R. 
Perubahan sistem pengangkutan sampah dari rumah tangga ke TPS 3R tidak bisa dilakukan secara drastis tapi harus dilakukan secara bertahap. Dibutuhkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang program-program yang ada di TPS 3R dalam rangka pengurangan sampah yang dibuang ke TPA. Sistem penarikan sampah dan penarikan retribusi yang sudah berjalan selama ini tidak akan mudah untuk diganti dengan sistem yang baru. Diperlukan pemahaman dan pembelajaran yang panjang untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya pengelolaan sampah atau pengurangan dan mendaur ulang sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan. Kenaikan retribusi sampah yang digagas TPS 3R dari Rp 5.000,-/KK menjadi Rp 10.000,-/KK harus diiringi dengan peningkatan pelayanan pengangkutan sampah dari rumah tangga ke TPS 3R yang semula tidak bisa dipastikan pengangkutannya menjadi ada kepastian pengangkutan sampah menjadi setiap hari bagi nasabah/anggota TPS 3R. Sehingga keluhan masyarakat tentang sampahnya yang tidak terangkut sampai 3 hari atau lebih dapat diatasi. Identifikasi nasabah sampah yang masuk menjadi pelanggan TPS 3R harus dilakukan untuk memudahkan tenaga petugas penarik retribusi sampah dan penarik sampah dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan cepat. 
Mengapa hal ini dilakukan ? yaitu untuk membedakan mana yang telah tergabung sebagai nasabah/anggota TPS 3R atau yang masih melalui RT/RW baik penarikan retribusinya maupun pengangkutan sampahnya. Identifikasi nasabah TPS 3R dapat dilakukan dengan memberi tanda stiker di masing-masing rumah yang telah menjadi nasabah TPS 3R. Stiker yang didesain khusus dan diberi nomor register/pelanggan untuk memudahkan pengelolaan secara administrasi dan untuk mengetahui seberapa jumlah masyarakat yang telah menjadi nasabah/anggota TPS 3R. Desain stiker ini nantinya akan memudahkan masyarakat membedakan mana yang ikut TPS 3R dan mana yang tidak.



MEKANISME PENARIKAN RETRIBUSI
1. Sistem yang sudah berjalan sampai saat ini.
  • Retribusi sampah pembayarannya dari rumah tangga melalui RT kemudian ke RW.
  • Sampah yang diangkut masih campur antara sampah organik dan anorganik.
  • Sampah masuk kontainer dan diangkut ke TPA Supit Urang.
  • Jadwal pengangkutan sampah masih 2 hari sekali bahkan lebih.
  • Retribusi sampah digunakan untuk membayar tenaga pengangkut sampah, serta untuk perbaikan kendaraan sampah dan bahan bakar
Alur penarikan retribusi sampah
Keterangan :
Setiap Rumah Tangga membayar iuran retribusi sampah melalui RT kemudian RT menyetor dana retribusi sampah yang sudah terkumpul ke RW, baru iuran retribusi sampah yang terkumpul untuk membayar tenaga penarik sampah.

Alur pengangkutan sampah
Sampah rumah tangga dikumpulkan masing-masing rumah tangga, sampah yang terkumpul diambil oleh petugas penarik sampah, kemudian diangkut ke TPS untuk dimasukkan kedalam kontainer sampah dan dibuang ke TPA Supit Urang.

2. Sistem yang digunakan di TPS 3R
  • Retribusi sampah pembayarannya langsung ke TPS 3R.
  • Sampah yang diangkut sudah terpisah antara organik dan anorganik (Kantong kresek warna hitam untuk sampah organik dan warna merah untuk sampah anorganik).
  • Sampah masuk TPS 3R.
  • Dilakukan pemilahan sampah organik dan anorganik oleh tenaga pemilahan sampah TPS 3R.
  • Residu sampah yang tidak bisa dimanfaatkan dimasukkan ke kontainer untuk dibuang ke TPA.
  • Jadwal pengangkutan sampah rumah tangga dilakukan setiap hari.
  • Retribusi sampah digunakan untuk membayar tenaga pengangkut sampah dan tenaga penarik retribusi sampah, tenaga pemilahan sampah, serta digunakan untuk perbaikan kendaraan dan bahan bakar.

Alur penarikan retribusi sampah
Setiap rumah tangga yang telah menjadi anggota membayar ke TPS 3R melalui loket-loket yang telah ditentukan atau melalui tenaga penarik retribusi sampah langsung ke anggota TPS 3R, kemudian dana masuk ke bendahara TPS 3R, dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk operasional yaitu membayar tenaga penarik sampah, pemeliharaan dan perbaikan kendaraan, serta penyediaan bahan bakar.

Alur pengangkutan sampah
Sampah rumah tangga sudah terpisah menjadi 2 yaitu sampah organik (kresek warna hitam) dan sampah an organik (kresek warna merah), kemudian sampah tesebut di angkut oleh petugas penarik sampah TPS 3R, terus dimasukkan ke gudang TPS 3R, dan disana dilakukan pemilahan/pemisahan berbagai sampah an organik menjadi sampah-sampah yang sejenis. Residu atau sampah yang tidak bisa dimanfaatkan dibuang ke TPA Supit Urang.

Dari rencana pengelolaan sampah di TPS 3R diperlukan tenaga kerja dari masyarakat yang banyak untuk mengelola sampah rumah tangga. Antara lain tenaga pemilahan atau pemisahan sampah an organik menjadi sampah yang sejenis, tenaga penarik sampah, tenaga komposting, dll)

Share:

0 komentar:

Pengunjung

Hallo Bandungrejosari

Hippam News

Kalimat BIJAK

Untuk sukses, Anda harus menemukan sesuatu sebagai pegangan, sesuatu untuk memotivasi Anda, sesuatu untuk menginspirasi Anda.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

Definition List

3R
3R singkatan dari reuse, reduce, dan recycle.
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (mendaur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

ADINDA
Adinda singkatan dari :
Akses informasi
Diskusi
Implementasi
Networkling
Diseminasi informasi
Aspirasi


Pengikut

Theme Support